2 Nov 2016

Pendakian Gunung Dempo 3.159 Mdpl di Sumatera Selatan

Gunung Dempo merupakan sebuah gunung yang terletak di perbatasan provinsi Sumatera Selatan dan provinsi Bengkulu. Tepatnya terletak di kota dingin penghasil kopi robusta terbaik di indonesia yang terkenal enak yaitu Kota Pagar Alam. Untuk menuju ke Gunung Dempo kita akan menempuh jarak jalur darat sekitar 7 jam dari kota Palembang, yakni ibukota provinsi Sumatera Selatan atau Sumsel.
Sesuai dengan namanya, Kota Pagaralam ini dikelilingi oleh pegunungan Bukit Barisan dan puncak yang tertinggi di kota ini adalah Gunung Dempo. Untuk mencapai lokasi pendakian, pendaki yang ada di terminal Pagar Alam terlebih dulu mencarter mobil, naik ojek ataupun bisa menaiki taksi jurusan Pabrik Teh PTPN VII yang jaraknya mencapai kurang lebih 8 km dari terminal.
Mobil carteran yang kita carter akan tiba ke desa terdekat dari gunung Dempo yang bernama Kampung 4 yang memakan waktu perjalanan kurang lebih 20 menit karena jalannya cukup terjal dan berkelok, Anda akan melewati hamparan perkebunan teh hijau. Dari sana, proses pendakian dapat dimulai.
Pada hari-hari biasa di Gunung Dempo dapat kita temui banyak orang yang sengaja naik ke puncak hany sekedar untuk mencari kayu atau sekadar berhiking. Adapun juga wisatawan yang sengaja mendatangi pintu pendakian dengan hanya untuk berwisata di lerang gunung Dempo yang sekelilingnya merupakan kebun teh.

Jalur Pendakian Gunung Dempo

Gunung dempo merupakan Gunung tertinggi di Sumatera Selatan memiliki ketinggian 3159 Mdpl. Gunung Dempo ini mempunyai 2 jalur Pendakian yaitu Jalur Kampung IV di "1575 Mdpl" dan Jalur Tugu Rimau di ketinggian"1820 Mdpl".
Saat melakukan Pendakian yang baik yakni sekitar jam 10 pagi, selain dapat menikmati indahnya panorama bukit barisan, perjalanan Anda akan sedikit santai, tidak dikejar oleh waktu. Pada satu jam pertama pendakian, Anda hanya melihat kebun teh dan kebun perdu yang dijumpai sebelum memasuki pintu hutan jalur pendakian.
Jalur sangat terjal dan cukup licin jika terjadi hujan. Hutan yang akan dilewati sangat lebat dan gelap sampai ke puncak Dempo. Tiga jam dari gerbang hutan, puncak pertama dapat Anda capai. Gunung Dempo ini memiliki dua puncak, yaitu Puncak Dempo dengan ketinggian 3159 Mdpl dan Puncak Merapi Dempo di ketinggian 3183 Mdpl. Kedua Puncak dempo ini dipisahkan oleh sebuah tanah bebatuan luas yg ditumbuhi rerumputan khas Pegunungan, orang sekitar biasanya menyebut tempat ini adalah "Pelataran".
Anda bisa mendirikan tenda diantara dua puncak itu, karena disinilah tersedia mata air yang segar serta sangat bersih dan tenda cukup terlindung bila ada badai. Dan sangat sayang bila Anda tidak menikmati sunrise di tempat ini. Jalur menuju ke puncak gunung dempo sudah sangat jelas.
Gunung ini memang tinggi akan tetapi air jernih berlimpah yang ada terdapat sampai setengah pendakian ke gunung ini sehingga para pendaki tidak perlu khawatir akan kehabisan air minum selama pendakian. Tetapi karena jalannya yang lembab di gunung ini banyak pacet yang dijumpai di pendakian menuju puncak sehingga pendaki harus berhati - hati dan selalu memeriksa keadaan badan.
Perjalanan turun hanya memakan waktu dua jam dari tempat air tadi. Bila Anda kemalaman, bisa menginap di Dusun VI, dengan terlebih dahulu minta izin kepala keamanan di sana.

Artikel Terkait

Dilarang Promo Link DI komentar ya :)
Lebih Baik Tukaran Link Aja
EmoticonEmoticon