2 Nov 2016

8 Gunung Api Tertinggi Di Dunia yang Perlu Diketahui

Gunung berapi ataupun gunung api secara umum merupakan sebuah istilah yang dapat didefinisikan sebagai suatu sistem saluran fluida panas atau batuan dalam wujud cair bisa disebut juga dengan lava yang terdapat di perut bumi di kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi, termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan pada saat meletus.

1. Ojos del Salado - 6.893 Mdpl


Nevado Ojos del Salado adalah sebuah stratovolcano besar yang terdapat di Pegunungan Andes di perbatasan Argentina-Chili, dan merupakan gunung api tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 6,893 meter. Rute termudah yang bisa dilewati adalah Scramble, Pendaki pertama: Jan Alfred Szczepański, Justyn Wojsznis

2. Gunung Kilimanjaro - 6.010 Mdpl 

Gunung Berapi Tertinggi  Kedua di Dunia adalah Gunung Kilimanjaro, Puncak Kilimanjaro sekaligus merupakan puncak tertinggi di Afrika, dengan memiliki ketinggian 6.010 meter di atas permukaan laut. Kilimanjaro adalah gunung api strato raksasa yang sekarang tidak aktif, namun memiliki fumarol yang mengeluarkan gas di kawah yang terletak di puncak utama Kibo. 
Di Tanzania, puncak Kibo dikenal sebagai Puncak Uhuru. Di tahun 2003, vulkanolog Jerman bernama Volker Lorenz memperkirakan magma cair terdapat di bawah permukaan kawah pada kedalaman 121,9 m (400 kaki).

3. Gunung Guallatiri - 5.965 Mdpl

Guallatiri adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di Chile utara. Gunung Guallatiri berada di barat perbatasan dengan Bolivia dan di ujung barat daya Nevados de Quimsachata. Gunung ini adalah simetris 5.965 Mdpl. Gunung Guallatiri dibatasi oleh dasit kubah lava pusat atau kompleks, dengan lubang aktif di sisi selatan.

4. Gunung Cotopaxi - 5.897 Mdpl

Gunung Cotopaxi adalah sebuah stratovolcano di Pegunungan Andes, terletak sekitar 28 km selatan Quito, Ekuador, Amerika Selatan. Cotopaxi adalah puncak tertinggi kedua di negara itu, mencapai ketinggian 5.897 Mdpl Cotopaxi memiliki kerucut hampir yang naik dari dataran dataran tinggi sekitar 3.800 Mdpl, dengan lebar di pangkalnya sekitar 23 kilometer (14 mil) simetris.
Gunung ini memiliki salah satu gletser beberapa khatulistiwa di dunia, yang dimulai pada ketinggian 5.000 Mdpl. Gunung ini terlihat jelas di langit dari Quito. Ini adalah bagian dari rantai gunung berapi di sekitar piring Pasifik dikenal sebagai Cincin Api Pasifik.

5. Gunung Lascar - 5.896 Mdpl

Gunung Lascar adalah gunung berapi yang paling aktif dengan tinggi 5.896 m yang terletak di Andes Chili utara. Kota ini terletak di Chili's II Daerah (de Antofagasta), sebelah timur Salar de Atacama dan segera barat gunung berapi Aguas Calientes. gunung berapi lain di daerah tersebut meliputi Acamarachi dan Chiliques, semua yang membentuk latar belakang yang spektakuler untuk Laguna Lejía.

6. Gunung El misti - 5.822 Mdpl

Gunung El Misti, juga dikenal sebagai Guagua-Putina merupakan sebuah stratovolcano yang terletak di Peru selatan dekat kota Arequipa. Dengan musiman yang diselimuti salju, simetris kerucut, El Misti berdiri pada 5.822 meter di atas permukaan laut dan terletak di antara gunung Chachani di ketinggian 6.075 mdpl dan gunung berapi Pichu Pichu dengan tinggi 5.669 Mdpl.
Letusan terakhir adalah di tahun 1985. El Misti memiliki tiga kawah konsentris. Dalam kawah dalam aktivitas fumarol dapat dilihat. Dekat kawah dalam enam mumi Inca dan Inca artefak langka ditemukan pada tahun 1998 selama sebulan penggalian diarahkan oleh arkeolog Johan Reinhard dan Jose Antonio Chavez.

7. Gunung Tupungatito - 5.551 Mdpl

tupungatito adalah gunung atratovolcano aktif yang terletak di selatan Andes. Gunung tupungatito memiliki ketinggian mencapai 5551 meter dari permukaan laut.

8. Gunung Tolima - 5.401 Mdpl

Tolima gunung berapi terletak di Cordillera Pusat Andes di Kolombia di wilayah Departemen Tolima, dekat dengan Ibagué, ibukota departemen. Gunung Ini diambil namanya dari kata Tarib India, Tol: "Snow" - "bersinar" dan Yma (Ima): "Yang terakhir."
Gunung tolima saat ini memiliki puncak dengan luas 2.328 km2 dan volume 69 x 106 m3. Akses utama ke gunung berapi akan didasarkan dari kota Ibagué ke sektor El Silencio, melewati desa-desa Restrepo, padang rumput.Menurut “Volcano Observatory Manizales’, gunung tolima berada dalam keadaan aktif stabil . Gunung tolima memiliki ketinggian mencapai 5.401 m.
gunung aktif di dunia, gunung api di dunia, gunung api tertinggi di dunia, gunung berapi di dunia, gunung berapi tertinggi di dunia, gunung berbahaya di dunia yang perlu di ketahui

Artikel Terkait

Dilarang Promo Link DI komentar ya :)
Lebih Baik Tukaran Link Aja
EmoticonEmoticon