15 Oct 2016

7 Puncak Tertinggi di Dunia (Seven Summits of World )

Di dunia ini banyak sekali puncak puncak gunung yang berada di jajaran pegunungan. banyak sekali puncak - puncak yang tersebar di seluruh belahan dunia. Kebanyakan artikel saat ini yang mengulas gunung tertinggi di dunia pasti di ambil di tiap benua, namun kali ini pecinta alam bermaksud berbeda.

Pada kesempatan ini saya mengulas puncak gunung tertinggi di dunia yang tingginya mencapai 8000an, walaupun berada di pergunungan yang sama namun yang saya bahas adalah puncaknya yang tertinggi di Dunia. Penasaran apa saja puncak gunung tertinggi di dunia? yuk simak ulasan singkat di bawah ini.
Baca Juga: 7 Gunung Tertinggi di Asia yang Mesti Diketahui Pendaki

1. Mount Everest - 8.848 mdpl

Mount Everest merupakan puncak gunung tertinggi di dunia. puncaknya menandakan perbatasan antara Negara Nepal dan Negara Tibet namun puncaknya berada di Tibet. Gunung ini memiliki ketinggian 8.848 mdpl yang di didaki pertama kali pada tanggal 29 Mei 1953 oleh Tenzing Norgay, Edmund Hillary. Gunung ini masuk kedalam Pegunungan Himalaya, Mahalangur Himal

2. K2 - 8,611 mdpl

K2 merupakan gunung tertinggi ke-2 di dunia dengan tinggi mencapai 8,611 mdpl. Terletak di bagian Karakoram dari Himalaya antara Pakistan dan Republik Rakyat China, gunung ini merupakan pegunungan nasional di Pakistan. Tinggi peguungan ini. Gunung ini didaki pertama kali pada tanggal 31 Juli 1954 oleh Lino Lacedelli, Achille Compagnoni. Gunung ini masuk ke jajaran pegunungan Himalaya, Pegunungan Karakoram.

3. Kangchenjunga - 8.586

Kangchenjunga SewaLungma merupakan sebuah gunung tertinggi ke-3 di dunia setelah Gunung Everest dan K2 dengan ketinggian 8.586 meter. Gunung ini juga merupakan gunung tertinggi ke-2 di Nepal. Didaki pertama kali pada tanggal 25 Mei 1955 oleh George Band, Joe Brown. Gunung ini masuk ke dalam jajaran pegunungan Kangchenjunga massif, Pegunungan Himalaya.

4. Lhotse - 8.516 MDPL


Lhotse merupakan sebuah gunung yang terletak  di Nepal dan RRC. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian 8.516 m dan merupakan gunung tertinggi keempat di dunia. Didaki pertama kali tanggal 18 Mei 1956 oleh Ernst Reiss, Fritz Luchsinger. Gunung ini masuk ke jajaran pegunungan Himalaya, Mahalangur Himal.

5. Makalu - 8485 MDPL

Makalu merupakan gunung tertinggi kelima di dunia dengan ketinggian mencapai 8485 mdpl. Gunung ini terletak di jarak 19 km tenggara Mount Everest, tepatnya di perbatasan antara Nepal dan Tiongkok. Ia termasuk salah satu dari 14 gunung yang termasuk kategori ketinggian delapan ribuan. Didaki pertama kali pada tanggal 15 Mei 1955 oleh Lionel Terray, Jean Couzy. Gunung ini masuk ke jajaran pegunungan Himalaya, Mahalangur Himal.

6. Cho Oyu - 8.188 MDPL

Cho Oyu merupakan  gunung tertinggi keenam di dunia dengan ketinggian mencapai 8188 meter (26.864 kaki) di atas permukaan laut. Gunung ini puncak utama paling barat dari Khumbu sub-bagian dari Mahalangur Himalaya , terletak 20 km sebelah barat dari Mount Everest. Didaki pertama kali pada tanggal 19 Oktober 1954 oleh Pasang Dawa Lama, Herbert Tichy, Joseph Jöchler dan masuk kejajaran pegunungan Himalaya, Mahalangur Himal.

7. Dhaulagiri

Dhaulagiri massif merupakan gunung yang terlatak di Nepal, 120 km (70 mil) dari Sungai Kaligandaki barat ke Bheri. Dhaulagiri  adalah gunung tertinggi ketujuh di dunia dengan ketinggian 8167 meter (26.795 kaki) di atas permukaan laut. Gunung ini pertama kali didaki pada 13 Mei 1960 oleh Swiss / Austria / Nepali ekspedisi.

Itulah 7 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia, semoga bermanfaat
Puncak Tertinggi di Dunia, Gunung Tertinggi di Dunia, Gunung di Dunia

Artikel Terkait

Dilarang Promo Link DI komentar ya :)
Lebih Baik Tukaran Link Aja
EmoticonEmoticon