15 Oct 2016

7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa yang Mesti Diketahui Pendaki

Jawa Merupakan sebuah pulau yang ada di Indonesia dan merupakan pulau terluas ke-13 di dunia. Dengan jumlah penduduk sekitar hampir 170 juta, pulau ini termasuk berpenduduk terbanyak di dunia dan merupakan salah satu tempat terpadat di dunia. 

Meskipun hanya menempati urutan terluas ke-5 di indonesia, Pulau Jawa dihuni oleh hampir 60% penduduk Indonesia, Angka ini turun jika di bandingkan sensus penduduk tahun 1905 yang mencapai 80,6% dari seluruh penduduk indonesia penurunan penduduk di pulau jawa secara persentase di akibatkan perpindahan penduduk(Transmigrasi) dari pulau jawa ke seluruh indonesia.
Baca Juga: 7 Gunung Tertinggi di Jawa Barat yang Wajib Kamu Daki
Tak hanya penduduknya yang banyak, di pulau jawa juga termasuk pulau yang memiliki banyak gunung, di jawa banyak sekali gunung yang bisa di daki. untuk menantang para pendaki gunung dan sebagai bahan referensi untuk melakukan pendakian selanjutnya, ini 7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa : simak ulasannya

1. Gunung Semeru - 3.676 MDPL

Gunung Semeru merupakan sebuah gunung berapi aktif berbentuk kerucut yang terletak di Jawa Timur. Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya yang bernama Mahameru yang memiliki ketinggian 3.676 MDPL. Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi aktif tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Jambi, pulau Sumatera dan Gunung Rinjani di pulau Lombok.
Kawah di puncak Mahameru dikenal dengan nama Jonggring Saloko dan di Semeru terdapat sebuah danau yang sangat indah bernama Ranu Kumbolo, Gunung ini termasuk dalam kawasan Konservasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

2. Gunung Slamet - 3.428 MDPL

Gunung Slamet merupakan sebuah gunung berapi berbentuk kerucut yang berada di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Slamet tepatnya terletak di antara 5 kabupaten di Indonesia, yaitu Kabupaten Brebes,  Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang.
Gunung Slamet ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah serta Gunung tertinggi kedua tertinggi di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Kawah 4 merupakan kawah terakhir yang masih aktif hingga sekarang.

3. Gunung Sumbing - 3.371 MDPL

Gunung Sumbing merupakan sebuah gunung api yang berada di Jawa Tengah, Indonesia. Gunung ini adalah gunung tertinggi ketiga di Pulau jawa yang berdiri tegak setinggi 3.371 meter di atas permukaan laut (mdpl0, Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi kedua di Jateng setelah Gunung Slamet.
Gunung Sumbing terletak di tiga kabupaten, yaitu Magelang, Temanggung dan Wonosobo. Bersama dengan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing membentuk bentang alam seakan gunung kembar, seperti Gunung Merapi dengan Gunung Merbabu, apabila dilihat dari arah Temanggung. 

4. Gunung Raung - 3.344 MDPL

Gunung Raung merupakan sebuah gunung berapi kerucut yang terletak di ujung timur Pulau Jawa. Gunung ini terletak di tiga kabupaten, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Dan secara geografis, lokasi gunung ini berada dalam kawasan Pegunungan Ijen dan menjadi puncak paling tinggi dari gugusan pegunungan tersebut. 
Dihitung dari titik tertinggi ke permukaan air laut, Gunung Raung merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru, serta menjadi yang tertinggi keempat di Pulau Jawa dengan memiliki ketinggian 3.344 Mdpl.
Kaldera pada Gunung Raung merupakan kaldera kering yang terbesar di Jawa dan terbesar kedua di Negara Indonesia setelah Gunung Tambora di NTB. Terdapat empat titik puncak, yaitu Puncak Bendera, Puncak Tusuk Gigi, Puncak 17,  dan yang tertinggi, Puncak Sejati (3.344 m).

5. Gunung Arjuno - 3.339 MDPL
buwana.com

Gunung Arjuno atau Gunung Arjuna merupakan sebuah gunung berapi berbentuk kerucut di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini merupakan gunung tertinggi kelima dan gunung tertinggi ketiga di Provinsi Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.339 m dpl. Gunung Arjuno terletak di antara perbatasan Kota Batu, Malang, dan Kabupaten Pasuruan dan berada di bawah Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

6. Gunung Lawu - 3.265 MDPL
manusialembah.blogspot.com

Gunung Lawu merupakan sebuah gunung yang terletak di Pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di antara dua kabupaten yaitu Karanganyar, Jawa Tengah dan Magetan, Jawa Timur. Status gunung ini gunung api "istirahat" yang diperkirakan terakhir meletus pada tanggal 28 November 1885 dan sudah lama tidak aktif,
Gunung Lawu adalah sumber inspirasi untuk sebuah nama kereta api Argo Lawu, kereta api eksekutif yang melayani rute perjalanan jauh Solo Balapan-Gambir. Gunung Lawu memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah . Gunung ini merupakan gunung tertinggi ke enam di pulau jawa dengan ketinggian 3.265 MDPL.

7. Gunung Welirang - 3156 MDPL
www.jijihans.com

Gunung Welirang merupakan sebuah gunung berapi aktif  dan merupakan gunung tertinggi ke 7 di pulau jawa yang memiliki ketinggian 3.156 m dpl. Gunung ini terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Gunung Welirang berada dalam Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Gunung Welirang bersebelahan dengan Gunung Arjuno.
Berikut 7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa yang Mesti Diketahui, semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Dilarang Promo Link DI komentar ya :)
Lebih Baik Tukaran Link Aja
EmoticonEmoticon