13 Oct 2016

7 Gunung Tertinggi di Jawa Barat yang Wajib Kamu Daki

Jawa Barat memiliki banyak gunung yang masih aktif dan ada juga yang sudah tidak aktif lagi, Jawa barat terkenal dengan letak geografisnya kebanyakan pegunungan yang menjadikan cuaca di sini sangat segar dan banyak memiliki wisata alam yang tersebar di puluhan kabupaten dan kota.

Beruntunglah kita yang hidup di Indonesia karna kita banyak pilihan gunung untuk didaki. Salah satunya Di Jawa Barat, ada beberapa gunung yang sudah sangat familiar dan menjadi gunung favorit di kalangan pendaki dan hampir tak pernah sepi dari aktvititas pendakian

Dalam dunia pendakian tentunya sudah tak asing lagi dengan istilah "Seven Summits", yang artinya tujuh puncak tertinggi. yeah makan dari itu, kali ini kami akan mengulas 7 Gunung Tertinggi di Jawa Barat untuk sebagai referensi tujuan pendakian di Jawa Barat.

1. Gunung Ciremai - 3.078 MDPL

www.bluetripper.com
Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3.084 meter dari permukaan air laut. Gunung ini terletak di 3 kabupaten di jawa barat yakni di Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka.

Gunung Ciremai memiliki 3 jalur pendakian yang paling populer yakni jalur Palutungan, jalur Linggarjati dan jalur Apuy. Setiap tahunnya tidak pernah sepi oleh para pendaki yang berkunjung ke gunung ciremai ini.

2. Gunung Pangrango - 3.019 MDPL



Gunung Pangrango berdekatan dengan Gunung Gede, Gunung ini merupakan gunung tertinggi ke dua di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3.019 MDPL. Gunung Pangrango berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, letak Gunung Pangrango bersebelahan dengan Gunung Gede.

Jalur pendakian Gunung Pangrango sama dengan Gunung Gede, yaitu melalui daerah Cibodas, Kabupaten Cianjur. Bisa juga melalui Jalur Desa Gunung Putri "Cianjur" atau Jalur Selabintana "Sukabumi" namun jalur ini membutuhkan waktu tempuh yang lebih panjang karena melewari Gunung Gede terlebih dahulu.


3. Gunung Gede - 2.958 MDPL


kutubocah.wordpress.com
Gunung Gede merupakan gunung tertinggi ke tiga di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 2.958 MDPL dengan pendaki kurang lebih 50.000 pendaki tiap tahunnya. di gunung gede pangrango terdapat 3 basecamp yaitu jalur Cibodas, jalur Gunung Putri dan jalur Selabintana.

Jalur Cibodas adalah menjadi pilihan favorit pertama oleh pendaki karena di jalur ini terdapat banyak panorama wisata alam yang sangat indah dan mempesona, dan di jalur ini banyak sumber air yang berlimpah. 

Sedangkan di jalur Gunung Putri adalah jalur yang berat namun kita akan menemukan salah satu pos yang paling bagus dari semua jalur pendakian yakni Alun-Alun Surya Kencana. Adalah lahan yang sangat luas dipenuhi bunga edelweiss dan rerumputan seluas mata melihat, dan tempat favorit mendirikan tenda bagi para pendaki.


4. Gunung Cikuray - 2.818 MDPL


wikimedia.org
Gunung Cikuray merupakan gunung tertinggi ke lima di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 2.818 mdpl. Gunung Cikuray adalah salah satu gunung yang terletak di selatan kota Garut, Jawa Barat. Dan lebih tepatnya berada di perbatasan 3 kecematan yaitu kecamatan Bayongbong, Cikajang dan Dayeuh Manggung.

Gunung Cikuray termasuk gunung yang tidak aktif dan identik dengan bentuknya yang menyerupai kerucut raksasa. Oleh sebab itu, berdasarkan karakteristik tersebut, sehingga di gunung yang satu ini sulit ditemukan mata air sepanjang perjalanan untuk menuju puncak. Jalur pendakian gunung Cikuray sangat sulit, unik dan menantang.


5. Gunung Papandayan 


pikiran-rakyat.com
Gunung papandayan merupakan gunung aktif yang terletak di kabupaten Garut. gunung yang bisa dikatakan ramah karena mudah di jangkau, waktu yang tepat mendaki Gunung Papandayan yaitu sampai pertengahan bulan September.

jalur pendakian untuk sampai ke Papandayan yakni Cisurupan dan Pengalengan. untuk akses ke basecamp juga sangat mudah di jangkau karena jalanannya sudah beraspal. gunung papandayan memiliki ketinggian 2.665 mdpl. gunung ini menarik banyak pendaki setiap tahunnya.

6. Gunung Kendang - 2.617 MDPL


panoramio.com
Gunung Kendang merupakan gunung tertinggi ke enam di Jawa Barat yang memiliki keinggian 2.617 Mdpl. Gunung ini memiliki keunikan tersendiri diantara gunung-gunung yang berada di kawasan Bandung Raya, karena memiliki padang savana indah yang sangat luas dan mampu menampung banyak tenda.

Saat panorama hamparan kebun teh di awal pendakian yang seolah menjadi sambutan manis bagi para pendaki gunung yang hendak mendaki Gunung Kendang. Perjalanan mendaki dari perijinan menuju puncak biasanya membutuhkan waktu ± 5 jam.

7. Gunung Patuha - 2.386 MDPL



Gunung Patuha merupakan sebuah gunung tertinggi ke tujuh dengan ketinggian 2.386 MDPL. Gunung ini terletak di Jawa Barat, tepatnya di wilayah Bandung Selatan. Gunung patuha memiliki kawah yang sangat eksotik, yaitu kawah putih. Kawah yang terbentuk dari letusan gunung patuha itu memiliki dinding kawah dan air yang berwarna putih. Kawah Putih ini yang sekarang dijadikan objek wisata.


7 Gunung Tertinggi Di Jawa Barat yang Ramai di kunjungi Pendaki terimakasih telah berkunjung

Artikel Terkait

Dilarang Promo Link DI komentar ya :)
Lebih Baik Tukaran Link Aja
EmoticonEmoticon