14 Oct 2016

7 Gunung Tertinggi di Asia yang Mesti Diketahui Pendaki

Asia merupakan benua terbesar dan paling padat penduduknya yang ada di dunia, terletak di bagian bumi timur dan belahan bumi utara. Benua ini mencakup 8,7% dari total luas permukaan bumi dan terdiri dari 30% dari luas daratannya.
Di Benua Asia ini ada sekitar 4,3 miliar orang bertempat tinggal, terdapat 60% dari populasi manusia yang ada dunia saat ini. Di Asia memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi di era modern. Misalnya, selama abad ke-20, Populasi Asia meningkat hampir empat kali lipat.
Baca Juga: 7 Gunung Tertinggi di Afrika yang Mesti Diketahui Pendaki
Di benua Asia tak cuma penduduknya yang banyak, namun di sini juga memiliki gunung yang paling tinggi di Dunia yaitu Gunung Everest. Di pegunungan Himalaya banyak sekali puncak puncak di sekitarnya yang memiliki tinggi yang jauh lebih tinggi dari data di bawah. Namun, Kali ini kami tidak membahas gunung tertinggi di 1 negara saja, biar enak kami uraikan di tiap negara yang memiliki gunung tertinggi dan yang kami ambil hanya 1 saja. Penasaran 7 Gunung Tertinggi di Asia apa saja? Simak ulasan di bawah ini:

1. Gunung Everest - 8.848 MDPL

Lokasi : Negara Nepal
Ketinggian : 8.848 MDPL
Gunung Everest atau Mount Everest merupakan gunung tertinggi di asia dan juga termasuk gunung tertinggi di dunia jika diukur dari permukaan air laut. ujung puncaknya menandakan perbatasan antara negera Nepal dan Tibet dan puncaknya berada di Tibet. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha yang artinya "Kepala Langit" .
Gunung Everest ini memiliki ketinggian 8.848 meter dari permukaan air laut. Gunung ini didaki pertama kali pada tanggal 29 Mei 1953 oleh pendaki bernama Tenzing Norgay, Edmund Hillary, gunung ini berada di jajaran pegunungan: Pegunungan Himalaya, Mahalangur Himal P

2. Gunung K2 - 8.611 MDPL

Lokasi : Negara Pakistan dan RRT
Ketinggian : 8.611 MDPL
Gunung K2 adalah gunung tertinggi ke-2 di dunia sekaligus gunung tertinggi di benua Asia yang memiliki ketinggian  mencapai 8,611 meter (28,251 kaki). Gunung K2 terletak di bagian Karakoram dari pegunungan Himalaya antara Pakistan dan Republik Rakyat Tiongkok, gunung ini  merupakan pegunungan nasional di Pakistan. 
Konon, Gunung ini lebih sulit didaki daripada Gunung Everest karena cuacanya yang sangat buruk. K2 dijuluki "Pegunungan Kejam" karena hal ini. Pada ada kejadian pada tahun 2004, hanya 246 orang yang berhasil mendaki sampai ke puncak. Setidaknya 56 orang meninggal ketika mencoba mendakinya.
Nama tak resmi untuk K2 ialah Gunung Godwin Austen, dinamai dari nama orang yang pertama kali memanjatnya. Didaki pertama kali pada tanggal 31 Juli 1954 oleh Lino Lacedelli, Achille Compagnoni masuk kedalam jajaran pegunungan pegunungan Himalaya.

3. Gunung Hkakabo Razi - 5.881 MDPL

Lokasi : Manymar
Ketinggian : 5.881 MDPL
Hkakabo Razi merupakan gunung yang tertinggi di Asia Tenggara, gunung ini memiliki ketinggian 5881 meter. Gunung ini berada di utara Myanmar tepatnya di negara bagian Kachin dan merupakan bagian dari Taman Nasional Hkakabo Razi sejak tahun 1998.
Didaki pertama kali pada tanggal 15 September 1996 oleh Pendaki pertama yang mencapai puncak gunung ini adalah seorang pendaki asal Jepang bernama Takashi Ozaki dan pendaki Myanmar, Nyima Gyaltsen. 

4. Gunung Kazbek - 5.047 MDPL

Lokasi : Georgia
Ketinggian : 5.047 MDPL
Gunung Kazbek adalah sebuah Gunung yang terletak di negara Georgia yang memiliki ketinggian 5047 MDPL. Dataran tinggi berbentuk Gunung yang bernama Gunung Kazbek ini berada di wilayah Asia. Gunung ini didaki pertama kali pada tahun 1868 oleh Douglas Freshfield, Adolphus Warburton Moore, gunung ini terletak di Jajaran Pegunungan Kaukasus

5. Puncak Jaya - ‎4.884 MDPL

Lokasi : Indonesia
Ketinggian : 4.884 MDPL
Puncak Jaya merupakan sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua, Negara Indonesia. Puncak Jaya mempunyai ketinggian 4.884 MDPL dan di sekitarnya terdapat gletser Carstensz, ini adalah satu-satunya gletser tropika di Indonesia, yang kemungkinan besar segera akan lenyap akibat pemanasan global.
Puncak Jaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang memiliki ketinggian relatif 4.884 MDPL yang didaki pertama kali pada tahun 1962 oleh Robert Philip Temple, Anton Colijn. Gunung ini terletak di jajaran pegunungan Barisan Sudirman.

6. Gunung Kinabalu - 4.095 MDPL

Lokasi : Malaysia
Ketinggian : 4.095 MDPL
Gunung Kinabalu merupakan gunung tertinggi ke 6 di Asia yang terletak di Sabah, Negara Malaysia, dengan ketinggian 4,095 mdpl. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Malaysia dan tertinggi kelima di Asia Tenggara. Gunung ini pertama didaki pada bulan Maret 1851 oleh Hugh Lowhu gunung ini masuk ke jajaran pegunungan Banjaran Crocker. 

7. Gunung Fuji - 3.776 MDPL

Lokasi : Jepang
Ketinggian : 3.776 MDPL
Gunung Fuji adalah gunung tertinggi di Jepang, sekaligus gunung tertinggi di Asia yang memiliki ketinggian 3.776 MDPL yang terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelahnya barat Tokyo.  Gunung ini meletus dasyat pada 16 Desember 1707  dan Didaki pertama kali tahun 663 Masehi.
Baca Juga: 7 Gunung Tertinggi di Eropa yang Mesti Diketahui Pendaki

menelusuri : Gunung di Benua Asia, Gunung Tertinggi di Benua Asia, Puncak Tertinggi di Asia

Artikel Terkait

Dilarang Promo Link DI komentar ya :)
Lebih Baik Tukaran Link Aja
EmoticonEmoticon