15 Oct 2016

Vinson Massif, Mengenal Gunung Tertinggi di Antartika

Pernah dengar Gunung Vinson Massif? kalau belum mari kita mengenal sedikit tentang Gunung Vinson Massif. Inilah puncak tertinggi di Benua Antartika dan salah satu Seven Summit di 7 benua yang memiliki ketinggian 4.897 mdpl, bahkan disebut sebagai gunung yang paling bersih di dunia karena jarang pendaki yang mendaki gunung ini.
Baca Juga: Gunung Fuji, Mengulas Gunung Tertinggi di Jepang
Vinson Massif berada di Benua Antartika, Kutub Selatan. Gunung yang selalu tertutupi oleh es yang serba putih dan perlu biaya yang sangat besar untuk mendakinya. Biaya pendakian ke puncak gunung ini juga sangat mahal dan tercatat merupakan pendakian termahal kedua setelah Puncak Everest.

Cara ke sana, harus menggunakan pesawat Antarctic Logistics and Expeditions (ALE) dari Kota Punta di Negara Bagian Chile. Pesawat satu-satunya  yang dapat mengantarkan para pendaki ke sana.
Puncak gunung ini tergolong yang paling berbahaya di dunia di setelah Gunung Everest sebab hampir keseluruhan trek pendakiannya yang dilalui pendaki berupa tumpukan es yang sangat licin di tambah kawasan ini tidak mengenal adanya malam hari sebab matahari akan terus selalu bersinar meski tengah malam.
Jadwal pendakian untuk ke Gunung Vinson Massif hanya dibuka pada musim panas saja yang mencapai puncaknya pada bulan Desember hingga Bulan Januari. Kebalikan pada negara-negara di belahan bumi utara yang pada bulan itu merupakan sedang berada pada puncak musim dingin.
Selain harus pada musim panas, jalur pendakian ke gunung ini ditutup sepanjang tahun sebab pada saat itu cuaca di sana tidak menentu kadang sangat ekstrim yang membahayakan pendaki. Menariknya, pada musim panas di titik tertinggi Antartika ini membuat matahari terus selalu bersinar sepanjang hari. 
Meski berada pada musim panas, suhu rata-rata di sana adalah -30 derajat Celcius. Suhu yang sangat dingin ditambah dengan trek berupa es menjadikannya salah satu rute pendakian yang paling sulit di dunia. Segala kesulitan ini menjadi makin lengkap dengan adanya berita bahwa tidak ada satupun perusahaan yang menaungi asuransi yang mau meng-cover pendakian.
Baca Juga: Mount Kosciuszko, Mengenal Gunung Tertinggi di Australia

Artikel Terkait

Dilarang Promo Link DI komentar ya :)
Lebih Baik Tukaran Link Aja
EmoticonEmoticon