16 Oct 2016

Gunung Denali, Mengenal Gunung Tertinggi di Amerika

Gunung Denali di Alaska yang merupakan negara bagian A.S. Gunung Denali adalah gunung tertinggi di Amerika dengan memiliki ketinggian 6.168 meter di atas permukaan laut dan juga menjadikan gunung ini tertinggi ketiga dari tujuh puncak gunung tertinggi di masing-masing tujuh Benua.
Baca Juga: Gunung Fuji, Mengenal Gunung Tertinggi di Jepang
Denali, biasa dikenal dengan nama Gunung McKinley merupakan gunung tertinggi di Amerika Utara yang puncaknya berada di ketinggian 6,168 meter di atas permukaan laut. Dengan tinggi dasar ke puncak setinggi 18,000 feet (5,500 m), Gunung Denali merupakan gunung daratan tertinggi di dunia.
Menurut topografisnya, Gunung Denali adalah puncak paling prominen nomor tiga di dunia setelah Gunung Everest dan Aconcagua. Terletak di Pegunungan Alaska di negara bagian Alaska.
Orang Eropa pertama yang mencatat keberadaan gunung Denali adalah George Vancouver pada tahun 1794. Pendakikan pertama dilakukan pada tahun 1903 oleh James Wickersham, inilah menjadi orang pertama yang mencoba mendaki Denali, namun ternyata gagal sampai puncak. Pada Tahun 1906, Frederick Cook mengklaim gelar pendaki pertama yang di raih terbukti palsu.
Baca Juga: Vinson Massif, Mengenal Gunung Tertinggi di Antartika
Pendakian pertama Gunung Denali yang berhasil tercatat pada tanggal 7 Juni 1913 oleh tim pendaki yang bernama Hudson Stuck, Harry Karstens, Walter Harper, dan Robert Tatum, melewati jalur selatan. Pada Tahun 1951, Bradford Washburn merintis jalur pendakian baru yang bernama West Buttress, jalur ini dianggap paling aman dan cukup mudah dan sering digunakan hingga sekarang.
Pada Bulan September tahun 2013, pemerintah Alaska menyatakan bahwa gunung denali memiliki tinggi 20,237 feet (6,168 mdpl), bukan 20,320 feet (6,194 mdpl) sebagaimana yang telah diukur lewat fotogrametri pada tahun 1952 oleh Statewide Digital Mapping Initiative, bekerja sama dengan U.S.
Geological Survey, menyatakaan bahwa tinggi gunung denali yang lebih akurat justru 83 feet (25 m) lebih rendah setelah dilakukan pengukuran menggunakan radar apertur sintetis interferometrik. Tinggi gunung yang baru ini diakui oleh U.S. Geological Survei dan sudah menjadi bagian dari National Elevation Dataset.
Pada tahun 2015, mengikuti keputusan pemerintah negara bagian Alaska, pemerintah Amerika Serikat mengumumkan perubahan nama gunung ini dari Gunung McKinley yang diambil dari nama mantan Presiden William McKinley dari Ohio menjadi Gunung Denali, nama asli ini yang diberikan oleh suku Athabaska.
Baca Juga: Mount Kosciuszko, Mengenal Gunung Tertinggi di Australia

Artikel Terkait

Dilarang Promo Link DI komentar ya :)
Lebih Baik Tukaran Link Aja
EmoticonEmoticon