16 Oct 2016

7 Gunung di Bandung yang Memiliki Pemandangan Indah

Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota Jawa Barat. Kota ini terletak 140 km dari Jakarta, dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya menurut dari jumlah penduduk. 
Kota Bandung di kelilingi oleh perbukitan dan pergunungan yang menjadikan kota ini selalu sejuk dan nyaman sekalipun sedang terik matahari. Karena lokasinya di pergunungan, banyak sekali gunung di bandung yang dapat di gunakan untuk camping bersama teman teman. Oke agar tidak melebar kemana mana, ini 7 Gunung di Bandung yang Memiliki Pemandangan Indah. semoga bermanfaat
Baca Juga: 7 Gunung Tertinggi di Jawa Barat yang Wajib Kamu Daki
1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan sebuah gunung yang terletak di Bandung. Sekitar 20 km jarak yang ditempuh ke arah utara Kota Bandung, di sepanjang perjalanan akan melewati rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh, Gunung Tangkuban Perahu ini mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan indonesia. Suhu rata-rata harian di gunung ini adalah 17 C pada siang hari dan 2 C pada malam hari.

2. Gunung Manglayang

infobdg.com

Gunung Manglayang berada di antara 2 kabupaten di Jawa barat yaitu Kabupaten Sumedang dan Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Gunung Manglayang memiliki ketinggiannya sekitar 1818 mdpl dengan di hiasi oleh pemandangannya yang cukup indah, namun karena gunung ini relatif pendek, sehingga kurang dikenal oleh pendaki gunung pada umumnya.

Gunung ini memiliki cukup banyak jalur pendakian, antara lain seperti melalui Wanawisata Situs Batu Kuda (Kab. Bandung), Via jalur Palintang (Ujung Berung, Kab. Bandung), via Baru Beureum/Manyeuh Beureum, Jatinangor.

3. Gunung Burangrang
jelajahgunungbandung.com

Gunung Burangrang adalah sebuah gunung api yang sudah mati yang terdapat di utara kota bandung. Gunung Burangrang mempunyai ketinggian 2.064 meter dari permukaan air laut. Gunung ini merupakan salah satu sisa dari hasil letusan besar pada Gunung Sunda di Zaman Prasejarah. Gunung Burangrang ini memiliki 3 Jalur Pendakian yaitu via Legok Haji, via Pos Komando, dan via Pangheotan, dimana masing2 jalur pendakian tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

4. Gunung Rakutak

Gunung Rakutak merupakan sebuah gunung yang terletak di kabupaten bandung jawa barat. Nama rakutak mungkin tak setenar gunung lain di jawa barat, namun gunung ini banyak menyajikan keindahan pemandangan yang sangat mempesona pendaki terutama danau ciharusnya. Gunung yang memiliki ketinggian di bawah 2000aan mdpl ini sangat mudah dicapai dari kota Bandung.
Waktu pendakian gunung Rakutak sekitar 4 jam pendakian untuk naik, dan 2 jam perjalanan untuk turun gunung. Pemandangan di sepanjang di jalur pendakian gunung ini sangat indah nan menawan, terutama di jalan pacet di selatan Ciparay yang berada diantara gunung Rakutak dan Gunung Malabar.

5. Gunung Patuha (Kawah Putih Ciwidey)


Gunung Patuha adalah sebuah gunung yang terdapat daerah bandung, Indonesia, tepatnya di wilayah Bandung Selatan. Tinggi gunung ini 2.386 meter yang merupakan gunung tertinggi ke tujuh di jawa barat. Gunung patuha memiliki sebuah kawah yang sangat eksotik, yaitu kawah putih. Kawah Putih saat ini dijadikan objek wisata ciwidey.

6. Gunung Malabar


Gunung Malabar adalah sebuah gunung berapi yang terdapat di Jawa Barat, Indonesia. Gunung ini terletak tepatnya di bagian selatan Kabupaten Bandung. Gunung ini memiliki titik tertinggi 2,343 meter di atas permukaan laut. Puncak Malabar ini merupakan salah satu puncak yang dimiliki oleh Pegunungan Malabar. Beberapa puncak yang lainnya adalah Puncak Puntang, Puncak Mega, dan Puncak Haruman.

7. Gunung Kerenceng


Gunung Kerenceng merupakan sebuah gunung yang berada di antara beberapa perbatasan wilayah Sumedang, Kab. Bandung dan Garut. Dan masuk ke dalam wilayah konservasi Taman Buru Masigit Kareumbi. Gunung Kerenceng mempunyai ketinggian 1.736 Mdpl. Di bagian barat Gunung Kerenceng ini terdapat puncak lain seperti Puncak Pangukusan dengan tinggi 1.558 Mdpl dan Puncak Kareumbi dengan tinggi 1.685 Mdpl.
Pendakian Gunung Kerenceng ini bisa dimulai dari Kampung Jambuaer ataupun Kampung Sayuran di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung. Jalur awal berupa anak tangga yang dibuat dari semen untuk memudahkan akses jalan untuk warga desa dari dan menuju pemukiman serta kebun garapan.
Baca Juga: 7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa yang Mesti Diketahui Pendaki

Artikel Terkait

Dilarang Promo Link DI komentar ya :)
Lebih Baik Tukaran Link Aja
EmoticonEmoticon